Dasar Perencanaan Pendidikan
Definisi Perencanaan:
1.
Perencanaan adalah suatu rangkaian proses
kegiatan menyiapkan keputusan mengenai apa yang diharapkan terjadi (peristiwa,
keadaan, suasana, dsb.) dan apa yang akan dilakukan(intensifikasi,
eksistensifikasi, revisi, renovasi, substitusi, kreasi, dsb.)
Sumber:
Udin Syaefudin Sa’ud,M.Ed,Ph.D.,Prof.Dr.Abin Syamsudin Makmun,
M.A.,2007,hal.3,”Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif”
2.
Menurut Prajudi Atmusudirdjo perencanaan adalah
perhitungan dan penentuan tentang sesuatu yang akan dijalankan dalam mencapai
tujuan tertentu, oleh siapa dan bagaimana.(Abin,2000)
Sumber:
Udin Syaefudin Sa’ud,M.Ed,Ph.D.,Prof.Dr.Abin Syamsudin Makmun,
M.A.,2007,hal.4,”Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif”
3.
Perencanaan dalam ati seluas-luasnya tidak lain
adalah proses mempersiapkan kegiatan-kegiatan secara sistematis yang akan
dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu.(Bintaro Tjokroamidjojo,1997)
Sumber:
Udin Syaefudin Sa’ud,M.Ed,Ph.D.,Prof.Dr.Abin Syamsudin Makmun,
M.A.,2007,hal.4,”Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif”
4.
Perencanaan dapat diartikan sebagai proses
penyusunan berbagai keputusan yang akan dilaksanakan pada masa yang akan datang
untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan. Perencanaan itu dapat pula diberi
arti sebagai suatu proses pembuatan serangkaian kebijakan untuk mengendalikan
masa depan sesuai yang ditentukan. Perencanaan dapat pula diartikan sebagai
upaya untuk memadukan antara cita-cita nasional dan resources yang tersedia
yang diperlukan untuk mewujudkan cita-cita tersebut.(M.Fakry,1987)
Sumber:
Udin Syaefudin Sa’ud,M.Ed,Ph.D.,Prof.Dr.Abin Syamsudin Makmun,
M.A.,2007,hal.4,”Perencanaan Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif”
Definisi Pendidikan:
1.
Driyarkara mengatakan bahwa pendidikan adalah
upaya memanusiakan manusia muda. Pengangkatan manusia ke taraf insani itulah
yang disebut mendidik. Pendidikan ialah pemanusiaan manusia muda (Ditjen Dikti,
1983/1984:9)
Sumber
: Drs.H.Fuad Ihsan,2010,hal.4,”Dasar-dasar Kependidikan”
2.
Crow & crow menyebut pendidikan adalah
prosesyang berisi berbagai macam kegiatan yang cocok bagi individu untuk
kehidupan sosialnya dan membantu meneruskan adat dan budaya serta kelembagaan
sosial dari generasi ke generasi.(Suprapto,1975)
Sumber :
Drs.H.Fuad Ihsan,2010,hal.4,”Dasar-dasar Kependidikan”
3.
John Dewey, Pendidikan adalah proses pembentukan
kecakapan-kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam
dan sesama manusia.
Sumber:
Hasbullah, 1999,hal.2,”Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan”
4.
J.J.Roussequ, Pendidikan adalah memberi kita
perbekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak, akan tetapi kita
membutuhkannya pada waktu dewasa.
Sumber:
Hasbullah, 1999,hal.2,”Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan”
Definisi Perencanaan Pendidikan:
1.
Definisi yang dikemukakan oleh Guruge (1972)
bahwa: “A simple definition of educational planning is the proses of preparing
decisions for action in the field of educational development is the function of
educational planning.” Dengan demikian menurut Guruge bahwa perencanaan
pendidikan adalah proses mempersiapkan kegiatan di masa depan dalam bidang
pembangunan pendidikan adalah tugas dari perencanaan pendidikan.
Sumber:
Udin Syaefudin Sa’ud,M.Ed,Ph.D.,Prof.Dr.Abin Syamsudin Makmun, M.A.,2007,hal.8,”Perencanaan
Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif”
2.
Definisi yang lain sebagaimana dikemukakan oleh
Albert Waterston (Dalam Don Adams,1975) bahwa: “Functional planning involves
the application of a rational system of choices among feasibel cources of
educational invesment and the other development action based on a consideration
of economic and social cost and benefits.” Atau dengan kata lain bahwa
perencanaan pendidikan adalah investasi pendidikan yang dapat dijalankan dan
kegiatan-kegiatan pembangunan lain yang didasarkan atas pertimbangan ekonomi
dan biaya serta keuntungan sosial.
Sumber:
Udin Syaefudin Sa’ud,M.Ed,Ph.D.,Prof.Dr.Abin Syamsudin Makmun, M.A.,2007,hal.8,”Perencanaan
Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif”
3.
Menurut Coombs (1982) bahwa perencanaan
pendidikan adalah suatu penerapan yang rasional dan analisis sistematis proses
perkembangan pendidikan dengan tujuan agar pendidikan itu lebih efektif dan
efisien serta sesuai dengan kebutuhan dan tujuan para peserta didik dan
masyarakatnya.
Sumber:
Udin Syaefudin Sa’ud,M.Ed,Ph.D.,Prof.Dr.Abin Syamsudin Makmun, M.A.,2007,hal.8,”Perencanaan
Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif”
4.
Menurut Y.Dor (Don Adams,1975) adalah: “As the
process of preparing set of decisions for action in the future for the overall
economic and social development of a country” (Perencanaan Pendidikan adalah
sebagai suatu proses mempersiapkan seperangkat keputusan untuk
kegiatan-kegiatan di masa depan yang diarahkan untuk mencapai tujuan-tujuan dengan
cara-cara optimal untuk pembangunan ekonomi dan sosial secara menyeluruh dari
suatu negara.
Sumber:
Udin Syaefudin Sa’ud,M.Ed,Ph.D.,Prof.Dr.Abin Syamsudin Makmun, M.A.,2007,hal.9,”Perencanaan
Pendidikan Suatu Pendekatan Komprehensif”
Comments
Post a Comment